Menu Tempel

Rabu, 06 April 2016

CARA MEMOTIVASI DIRI

Motivasi adalah kemauan / semangat untuk berubah, keinginan yang mendorong individu untuk bertindak dan motivasi keluar dari dalam diri individu. Banyak orang yang salah dalam mendefinisikan motivasi.
Menurut mereka motivasi merupakan sebuah pilihan dan menganggap sebagai sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan diri individu. Mereka menganggap bahwa motivasi dapat dipancing dari luar melalui dorongan – dorongan, percakapan – percakapan pendek pembangkit semangat dan seminar – seminar motivasi. Beberapa aktifitas yang menyediakan konsep, dorongan dan motivasi bagi individu – individu memang dapat menghidupkan motivasi diri Anda. Tetapi hanya jika Anda mau melakukannya. Dan berikut adalah cara memotivasi diri yang positif.




1. Penghargaan dan Dorongan

       Perubahan yang kekal akan dihasilkan hanya jika kebutuhan / keinginan untuk berubah telah dipelajari dan dipahami dengan baik. Penghargaan dan dorongan akan dapat memotivasi kekuatan jika kedua hal tersebut telah didalami dan dipelajari dengan tepat. Milikilah kemampuan untuk bergerak menuju tujuan – tujuan yang telah Anda rancang. Semangatlah untuk menghadapi perubahan walaupun akan banyak tantangan dan hambatan di tengah jalan. Dengan mengendalikan diri kita akan dapat menghadapi dan mengatasi tantangan dan hambatan. Dengan kendali dari dalam diri akan menjaga Anda untuk tetap maju menuju cita – cita dan impian Anda.

2. Hilangkan Rasa Takut

       Rasa takut adalah penggerak motivasi negatif yang paling kuat. Rasa takut merupakan pendorong sekaligus penghalang yang besar. Rasa takut akan membatasi, membuat panik, memaksa dan akhirnya akan membatalkan rencana – rencana dan mengagalkan tujuan – tujuan kita. Rasa takut akan menghantui Anda dengan pengalaman – pengalaman yang gagal, rasa sakit, kekecewaan atau keadaan yang tidak menyenangkan. Dan rasa takut  tersebut merupakan pengingat pasti terhadap pengalaman serupa yang sangat mungkin sekali terulang kembali. Tidak ada yang menjamin melainkan Anda harus mengalahkan ketakutan itu sendiri. Jika Anda takut untuk melangkah dan bertindak , itu artinya Anda berkata pada diri Anda bahwa Anda telah berakhir. Jangan pernah menjadikan rasa takut sebagai alasan untuk berhenti. Melainkan jadikan rasa takut sebagai selingan belaka.“ Jangan takut terhadap rasa takut “.

3. Keinginan / Passion

       Keinginan adalah penggerak motivasi positif yang paling kuat. Keinginan akan menarik, menjangkau, membuka dan mengarahkan serta memberi dorongan yang kuat terhadap rencana – rencana dan tujuan – tujuan kita. Keinginan mampu menimbulkan ingatan – ingatan kebahagiaan dan keberhasilan juga mampu menciptakan pengalaman – pengalaman baru. Keinginan diibaratkan dengan busur panah yang dibentangkan dan siap untuk dilepaskan menuju sasaran / target yang telah ditentukan. Milikilah passion untuk menangkal rasa takut dan putus asa. Passion dapat mencetuskan tindakan yang akan membakar semangat yang luar biasa. Yang akan menjaga pikiran tetap sibuk dan harapan keberhasilan menjadi hidup.

4. Sasaran / Target

       Sasaran / target adalah tujuan yang ingin dicapai. Apa jadinya hidup kita kalau tidak punya target. Sudah bisa dipastikan hidup kita akan biasa -  biasa saja dan tidak seru. Karena yang membuat kita semangat dan membuat kita kuat adalah keinginan untuk mencapai sasaran / target yang berupa impian. Curahkanlah seluruh perhatian dan energi Anda pada perolehan target yang Anda rencanakan. Lupakan kemungkinan – kemungkinan yang mengakibatkan kegagalan. Karena kegagalan hanyalah perubahan sesaat yang akan mengarahkan Anda menuju keberhasilan. Bayangkanlah kebahagiaan dan kesenangan yang akan Anda dapatkan setelah mencapai target atau bahkan melampauinya.
     Kesimpulannya adalah penghormatan, rasa takut, keinginan dan target adalah motivator terbesar untuk mewujudkan impian. Penghargaan akan memberikan kekuatan, rasa takut akan membawa kerusakan, keinginan akan membawa ke arah perolehan prestasi, sedangkan target akan memberikan semangat untuk mencapai keberhasilan.


     Sekian tips cara memotivasi diri dari kami, semoga bermanfaat bagi pembaca dan segera dapat memotivasi dirinya, keluarganya, dan orang – orang di sekitarnya.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar