Menu Tempel

Jumat, 15 April 2016

TIPS MENGHINDARI PERGAULAN NEGATIF



 Sebelumnya bagaimana kabar Anda? Saya yakin Anda dalam performa terbaik. Dan setelah membaca artikel ini saya jamin Anda akan menjadi lebih bersemangat dan lebih bergairah.

Apa yang terbayang di pikiran Anda jika saya menyebut kata negatif? Pasti ada ribuan gambar di pikiran Anda mengenai hal yang tidak baik dan hal yang buruk serta hal yang tidak disukai orang lain. Yap! Betul sekali kata negatif memang identik dengan hal yang tidak baik. 

Wahai generasi muda! Anda mau jadi orang yang positif atau jadi orang negaif itu pilihan Anda. Lantas bagaimana caranya untuk menghindari pergaulan negatif? Monggo baca dan pahami tips dari penulis tentang cara menghindari pergaulan negatif.


1. Jadikan Agama Sebagai Pedoman Hidup

Cari tahu apa – apa saja yang baikdan yang buruk dari pandangan agama Anda. Apa yang diperbolehkan dan apa yang dilarang? Apa yang diwajibkan dan apa yang di haramkan?  Sebagai manusia untuk mencapai kesempurnaan dan kebahagiaan yang abadi harus memilih jalan yang benar untuk kehidupannya. Namun untuk memilih jalan yang benar tersebut tidaklah mudah. Pasalnya, banyak penghalang, rintangan serta hambatan yang menghadang. Yang  disebut juga sebagai tantangan kehidupan. 

Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang  tentunya tidak akan membiarkan manusia begitu saja. Allah SWT telah memberikan petunjuk kepada manusia untuk sampai kepada kebahagiaan dan mewujudkan bakat-bakat yang ada dalam diri manusia tersebut. Tergantung kepada manusia itu sendiri bagaimana cara utuk mencapai sesuatu kebahagiaan tersebut.  Oleh karena itu jadikanlah agama sebagai pedoman hidup Anda.


2. Teguh pada Pendirian Anda

Pada jaman sekarang, orang yang tidak mempunyai prinsip hanya akan diperbudak. Orang yang tidak punya pendirian akan mudah terombang – ambing oleh badai perubahan jaman. Orang yang lemah pendiriannya akan mudah terseret ombak pergaulan negatif. Tahukah Anda? Orang yang teguh pendiriannya adalah orang yang selalu konsisten dan optimis dalam segala hal. Juga mempunyai prinsip kalau dia pilih A, ya selamanya dia pilih A.

Jadi pegangi teguh pendirian Anda, jangan sampai ada orang yang menyentuhnya, apalagi mengubahnya. Jika poin 1 sudah dijalankankan, maka Anda tidak akan terhempas ke dalam pergaulan negatif.

3. Cari Teman Sebanyak – banyaknya

Mungkin Anda pernah mendengar orang tua Anda berkata demikian “ kalau punya teman itu nggak usah banyak – banyak” Atau mungkin seperti ini  “ Teman mah sedikit aja yang penting bisa dipercaya”. Kalau boleh saya menjawab “ cari teman itu sebanyak – banyaknya, kalau bisa dipercaya semua kenapa engga?”. 

Banyak teman itu banyak rezeki ( kata orang bijak ). Tapi jangan lupa cari sahabat yang berperilaku dan berpikiran positif saja.


4. Berbuat Baik pada Teman

Apa yang kita tanam itulah nanti yang akan kita panen hasilnya. Jika kita berbuat baik pada teman maka temanpun akan berbuat baik pada Anda.

5. Curi Sifat Baik Mereka

Saya jadi ingat kata –kata almarhum Bapak saya. “ Apapun temanmu entah itu maling, pencopet, pemabuk,dan sebagainya. Tirulah sifat baik mereka. Karena setiap orang pasti mempunyai sifat baik dalam dirinya. Oleh karena itu tirulah sifat baiknya dan tirulah kelebihannya. Jangan meniru sifat malingnya, jangan meniru sifat pencopetnya, jangan meniru sifat pemabuknya.

6. Ingat Kata –kata Saya

Tidak ada teman yang tidak berguna. Jika sekarang mereka tak berperan dalam hidup kita mungkin besok atau kapanpun itu , percayalah.


Wahai sahabatku! Jangan kau gadaikan masa mudamu dengan mengikuti pergaulan negatif. Jangan kau korbankan masa depanmu dengan melakukan hal  buruk. jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar