Menu Tempel

Jumat, 25 Maret 2016

JURUS MENANG UJIAN NASIONAL


     Ujian Nasional adalah dua kata yang menakutkan bagi sebagian Pelajar. Tentunya bagi Pelajar tingkat akhir SD, SMP, SMU. Karena bagi merekalah Ujian Nasional merupakan jembatan menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dan Ujian Nasional bagi mereka adalah “Pertaruhan Harga Diri”. Harga diri di hadapan teman-temannya, harga diri di depan orang tua dan keluarganya serta harga diri di hadapan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu lakukan persiapan yang matang agar menang dalam Ujian Nasional. Menang di sini bukan hanya lulus tapi juga mendapatkan nilai yang memuaskan. Dan yang perlu dipersiapkan adalah;

1.    Persiapan Mental
      Takut, gugup, dan tegang adalah bukti ketidaksiapan mental seorang Pelajar dalam menghadapi Ujian Nasional. Persiapan mental sangat penting dan merupakan faktor dominan dalam memenangi Ujian Nasional. Persiapan mental bisa dilakukan dengan sering mengerjakan soal Ujian Nasional dalam imajinasi/ khayalan. Memang terdengar sedikit “ gila “ tapi percayalah hal ini sangat penting. Bahkan Albert Einstein pernah mengatakan “ khayalan lebih utama dari ilmu pengetahun “ ( dikutip dari buku World is Flat karangan Thomas Friedman ).

2. Persiapan Fisik     
Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan tubuh yang sehat seorang Pelajar dapat berkonsentrasi dalam belajar serta mudah menyerap materi yang dipelajari. Persiapan fisik bisa dilakukan dengan olah raga teratur dan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dan kalau bisa membagi  waktu ikuti bimbingan belajar di lembaga pendidikan yang berkompeten. Kemudian atur waktu belajar sebaik mungkin,  waktu belajar jangan terlalu lama karena hanya akan menambah stres. Jangan lakukan belajar sistem kebut semalam ( SKS ).

3. Doa Orang Tua

"Hai manusia! Hormati Ibumu yang melahirkan dan membesarkanmu, darah dagingmu dari air susunya, jiwa ragamu dari kasih sayangnya” adalah kutipan lagu H. Rhoma Irama yang berjudul Ibu. Ridho Tuhanpun tergantung dari ridho orang tua terutama Ibu. Oleh karena itu mintalah ridho dan doa dari orang tua, kemudian sungkem dan memohon maaf kepada kedua orang tua supaya menang dalam Ujian Nasional.

4.  Lebih Rajin Beribadah
      Semua yang kita lakukan belum cukup dan belum komplit jika belum beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Memberi Kemudahan. Dengan meningkatkan ibadah akan memepermudah Pelajar dalam mengerjakan soal ujian. Sholat sunah dan puasa sunah serta ibadah yang lainnya akan mempermudah segala urusan.
    Selamat mencoba jurus menang dalam Ujian Nasional dari Penulis. Semoga bermanfaat bagi para pelajar yang akan menghadapi Ujian Nasional. Jika semua sudah dilakukan dan diterapkan, maka bersiaplah akan mendapatkan kemenangan dalam Ujian Nasional.


1 komentar: